wiraswasta modal kecil


wiraswasta modal kecil
 Wiraswasta modal kecil
Buat anda yang sudah jenuh jadi karyawan dan ingin punya usaha sendiri, tepat sekali karena anda sudah berada di situs yang tepat. disini saya akan menjelaskan langkah-langkah dan tips untuk menjadi seorang wirausaha modal kecil.
Nah, kalau anda sudah memutuskan untuk ingin menjadi seorang wirausahawan sebaiknya memperhatikan langkah-langkah berikut :
  1. Buat daftar (melalui brainstorming) seratus jenis usaha yang menurut anda layak ditekuni karena ada  potensi pasar dan peluang bisnisnya.
  2. Dari seratus jenis usaha tersebut, pilih yang paling anda sukai karena akan terasa menyenangkan jika ditekuni sehari-hari.
  3. Dari sisa daftar yang ada, pilihlah jenis usaha yang paling anda kuasai untuk dilaksanakan. Karena anda memiliki pengetahuan, sumber daya, jaringan, dan mitra kerja.
Jenis usaha yang masih tersisa merupakan peluang usaha yang tepat bagi anda. Meski kiat diatas sepintas nampak sederhana, namun pada prakteknya bisa tepat. Fakta menyatakan, tingkat keberhasilan seorang wiraswasta cenderung lebih tinggi apabila ia memilih jenis usaha yang disukai dan dikuasai.
Jika sudah menemukan jenis usaha nya, anda kemudian harus berkomitmen untuk selalu persistance dan fokus. Persistence adalah daya tahan untuk terus berjuang keras membangun bisnis tersebut dalam suka maupun duka secara konsisten dan terus menerus.
Sementara fokus berarti anda mesti rela menggunakan seluruh waktu, perhatian, dan sumberdaya yang dimiliki untuk menekuninya. Setelah berkomitmen, maka lanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini!!!
1. Pelajari pasar/market yang ingin dipenetrasi
2. Definisikan produk/jasa yang ingin dibuat dan dipasarkan.
3. Tentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk minimal dapat berwiraswasta jangka pendek (1-3 tahun)
4. Buat arus kas bisnis
5. Kembangkan rencana dan model bisnis yang sesuai dengan target dan karakteristik
6. Sediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk memulai usaha
7. Jalankan bisnis berdasarkan rencana dan model yang telah didefinisikan sebelumnya.
8. Lakukan evaluasi dan pembelajaran secara kontinyu dari hari ke hari untuk segera melakukan perbaikan dalam berbagai hal.
Good luck….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar