Usaha Warnet

Usaha Warnet
Usaha warnet adalah merupakan salah satu peluang usaha kecil yang sedang berkembang pesat untuk saat ini dan tahun tahun medatang. sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa internet sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang terutama para pelajar dan mahasiswa. internet salah media yang komunikasi yang banyak dipakai untuk menunjang aktivitas seperti bisnis online, pekerjaan dan aktivitas lainnya. Usaha warnet sangat banyak kita temukan dan menjadi bukti bahwa usaha warnet memiliki prospek yang bagus karena Pengguna internet bervariasi mulai dari anak-anak hingga orang tua. semua informasi bisa didaptkan dari internet mulai dari informasi yang lama hingga informasi pada saat ini dengan gratis. selain itu internet juga bisa dijadikan media komunikasi yang efektif dan cepat seperti dengan hadirnya situs jejaring sosial facebook, twitter, friendster, yahoo messenger dan lain-lain.
Kebutuhan akan internet yang semakin besar dimana saat ini hanya 6 % penduduk di Indonesia yang telah menggunakan internet dan diperkirakan akan bertambah 60% penduduk indonesia akan menggunakan internet 10 tahun mendatang. oleh karena itu usaha warnet masih akan menjadi primadona jika dilihat dari jumlah pengguna internet yang semakin bertambah.semakin banyak orang yang menggunakan internet maka, usaha warnet akan semakin berkembang. perlu diketahui di dalam mendirikan usaha warnet sebenarnya tidak begitu sulit dan juga tidak begitu mudah cukup dengan membeli peralatan komuputer lengkap kemudian menginstal program yang diperlukan untuk bisa akses ke jaringan internet seprti software pendukung, memasang jaringan, hingga dapat terhubung dengan koneksi internet. 
untuk mengelola usaha warnet tidak terlalu membutuhkan skill yang tinggi hanya perlu pengetahuan tentang komputer dan internet. dengan semakin pesatnya persaingan usaha warnet, diperlukan cara pengelolaan yang baik dan pelayanan yang lebih kepada pelanggan disamping juga harus kreatif dalam menjalankan usaha warnet. Kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha warnet biasanya dikarenakan kurangnya kemampuan mengenai komputer dan jaringan atau networking. 
Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalankan usaha warnet :
1. Tempat : Anda harus jeli di dalam mencari tempat yang cocok dengan usaha warnet yang akan anda dirikan carilah lokasi yang saingannya belum terlalu banyak dan anda juga harus melakukan riset mengenai tingkat kebutuhan akan internet atau warnet. Usahakan mencari lokasi yang dekat dengan Sekolah, kampus dan perkantoran.
2. Line Telephone : Fungsinya adalah sebagai alat untuk menghubungkan ke internet. jika belum memiliki saluran telephone maka tidak akan bisa terhubung dengan koneksi internet jadi, jika belum memiliki telephone maka segera pasang terlebih dahulu.
3. Listrik : dibutuhkan daya listrik yang tinggi untuk usaha warnet minimal 2500 watt. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar, tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik. anda juga bisa langsung ke PLN untuk mengetahui ketentuan lengkapnya.
4.  Biaya koneksi jaringan internet : Biaya koneksi, pilihannya beragam dan bergantung kepada kapasitas bandwidth, media koneksi, kualitas dan lain sebagainya. Keterangan mengenai hal ini bisa dibaca di warnetpedia. terlebih dahulu, tentukan dulu kebutuhan bandwidth  untuk usaha warnet Anda, setelah itu bakan diketahui biaya koneksinya.
5. Warnet atau Game Online : antara keduanya memang sangat sulit untuk dipilih karena sama sama memiliki pangsa pasar tersendiri, untuk itu anda harus lebih jeli dalam menentukan warnet atau game online. perhatikan dulu lokasi anda apakah memungkinkan untuk memasang game online karena untuk spesifiaksi komputernya harus lebih tinggi dan pastinya akan menambah biaya. untuk itu anda harus benar-benar memikirkannya. jika memang dana anda mencukupi buat aja keduanya karena warnet dan game online sama-sama memiliki prospek yang bagus.

Setelah itu anda harus mempersiapkan :
1. Komputer : Komputer yang harus dipersiapkan adalah komputer yang memiliki spesifikasi yang bagus dan bisa mendukung aplikasi yang akan dipasang. pastikan komputer anda memiliki fisik yang kuat dan mampu bertahan minimal 4 tahun.
2. Bilik/Space : Persiapkan bilik atau meja yang baik bagi para pengunjung warnet agar mereka nyaman bermain dan bisa berlama lama di warnet anda. itu bisa menjadi kelebihan warnet anda.
3. Pelayanan : ini adalah aspek penting didalam menjalankan sebuah usaha termasuk usaha warnet. pelanggan adalah raja maka berilah pelayanan extra lebih kepada mereka. Lengkapi fasilitas warnet anda sehingga tidak ada pelanggan yang akan kecewa nantinya seperti fasilitas kamar mandi, Kipas angin atau AC, Musholla. anda juga bisa menyediakan minuman dingin, snack.
Jika anda menerapkan beberapa penjelasan diatas mudah-mudahan usaha warnet anda akan mampu bersaing dan menjadi warnet yang berkualitas. 
GOOD LUCK!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar